IDWS.ID

Berita Internasional

Vladimir Putin Dipastikan Batal Datang ke Pertemuan G20 di Bali

10 Nov 2022

Upaya untuk mempertemukan pemimpin dua negara yang sedang berseteru Rusia dan Ukraina di Indonesia dipastikan gagal.

IDWS, Kamis, 10 November 2022 - Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan absen di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan pada 15-16 November 2022.

Sementara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengonfirmasi akan hadir pada acara yang digelar di Bali tersebut secara virtual.

Dalam KTT G20 kali ini, Putin akan mengutus Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memastikan batalnya Vladimir hadir di Bali tersebut.

"Putin enggak hadir, dia (Putin) sudah menyampaikan akan mengirim menteri luar negerinya untuk datang," kata Luhut di Badung, Bali, Kamis (10/11/2022) dikutip dari Tribunnews.com.

 

Presiden Jokowi berjabatan tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sebelum keduanya berpidato dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis (30/6/2022) waktu Moskow. (CNBC Indonesia/Getty Images/Contributor)

Meski tidak menjelaskan lebih rinci alasan Putin tak hadir di RI, namun Luhut memastikan komunikasi Indonesia dengan Rusia berjalan baik.

"Saya kira itu yang paling tinggi, dan kita menghormati itu, Presiden (Jokowi) kan sudah menyampaikan, beliau berkomunikasi (dengan Putin)," ujar Luhut.

Luhut berharap komunikasi yang dijalin oleh Jokowi dengan Putin bisa berlangsung dengan baik. Ia juga berharap, komunikasi tersebut bisa turut meredam tensi antara Rusia dan Ukraina.

"Kita berharap komunikasi bagus itu bisa menurunkan tensi Ukraina dan Rusia," ujar dia.

Luhut juga menyebut, saat ini Presiden Jokowi dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden tengah membicarakan terkait dengan hubungan bilateral antar negara.

Namun, Luhut enggan merinci lebih lanjut terkait dengan kerja sama bilateral tersebut.

"Biden dan Jokowi juga ada (kerja sama) bilateral. Nanti, akan ada juga beberapa kerja sama bilateral yang akan difasilitasi oleh Presiden Jokowi," ujarnya.

 


Artikel Asli: Tribunnews.com

Share    
esports, games, video games, mabar, free fire, mobile legends, mlbb, moleg, pubg, pubgm, valorant, dota, crossfire, genshin impact
  • INDOGAMERS
  • Hot Article