IDWS.ID

Berita Internasional

BREAKING: Pangeran Philip, Suami dari Ratu Elizabeth II, Meninggal Dunia di Usia 99 Tahun

09 Apr 2021

Istana Buckingham Inggris mengumumkan kepergian Pangeran Philip, untuk selama-lamanya.

IDWS, Jumat, 9 April 2021 - Pangeran Philip, suami dari Ratu Elizabeth II, ayah dari Pangeran Charles, sekaligus kakek dari Pangeran William dan Pangeran Harry, diumumkan telah meninggal dunia di Kastil Windsor, Inggris, pada Jumat (9/4/2021).

Pangeran Philip yang telah menjalani 73 tahun pernikahan dengan Ratu Elizabeth II itu meninggal dunia di usia 99 tahun dengan damai, menurut Istana Buckingham, kediaman keluarga kerajaan Inggris.

 

Pangeran Philip saat menikah dengan Putri Elizabeth pada 20 November 1947 (kiri). Pangeran Philip bersama Ratu Elizabeth II dalam perayaan 60 tahun sang ratu menduduki takhta Kerajaan Inggris (kanan). (Foto: Northciffe Newspaper, John Swannell)

Lahir dengan nama Prince Philip of Greece and Denmark pada 19 Juni 1921, Pangeran Philip telah berulangkali kali menjalani perawatan di rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir karena berbagai macam penyakit. Pada Januari tahun ini, ia dan Ratu Elizabeth II menerima vaksin COVID-19, namun kemudian Pangeran Philip kembali di rawat di rumah sakit pada pertengahan Februari karena infeksi dan kondisi jantungnya.

 

Until Death Do Us Part

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II berfoto bersama putra-putri mereka di Kastil Windsor pada 1968.

setelah menjalani perawatan selama 28 hari, Pangeran Philip menghabiskan hari-hari terakhirnya di Kastil Windsor bersama sang istri.

Pangeran Philip disebutkan meninggal pada Jumat pagi ini waktu Inggris, dan Ratu Elizabeth II baru mengumumkan kepergian suaminya pada Jumat siang menurut keterangan dari Istana Buckingham.

 

Pangeran Philip bersama Ratu Elizabeth II di Broadlands, Hampshire, dalam perayaan 60 tahun pernikahan keduanya.

"Yang Mulia (Pangeran Philip) meninggal dunia dengan damai pada pagi ini di Kastil Windsor. Pengumuman lebih lanjut akan dibuat pada waktunya. Keluarga kerajaan beserta orang-orang di seluruh dunia berduka atas kepergiannya," bunyi pengumuman dari Istana Buckingham pada Jumat (9/4/2021) ini melansir laporan Dailymail.

Pangeran Philip dikenal sebagai sumber dukungan terbesar serta tempat bersandar bagi sang istri selama 69 tahun Ratu Elizabeth menduduki takhta kerajaan Inggris. Ia juga merupakan pasangan resmi paling lama dari penguasa kerajaan Inggris dalam sejarah sekaligus paling tua.

 

Pangeran Philip bersama Putri Elizabeth ketika berbulan madu di Broadlands, Hampshire, November 1947.

Hubungan harmonis antara Pangeran Philip dengan Ratu Elizabeth II selama puluhan tahun dianggap sebagai salah satu kisah cinta yang teromantis di dunia. Uniknya, rupanya Ratu Elizabeth yang lebih dulu jatuh cinta pada Pangeran Philip saat sang calon ratu itu masih berusia 13 tahun. Keduanya kemudian bertukar surat hingga kemudian bertunangan pada 10 Juli 1947 lalu menikah pada 10 November di tahun yang sama.

Pernikahannya dengan Ratu Elizabeth II menganugerahkan 3 putra dan 1 putri bagi pasangan tersebut: Pangeran Charles, Putri Kerajaan Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward. Pangeran Philip juga dianugerahi 10 cucu.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo