IDWS.ID

Otomotif

Hujan Deras Disertai Angin, Ajang WSBK di Sirkuit Mandalika Ditunda

20 Nov 2021

Hujan deras membuat ajang balap internasional World Superbike (WSBK) yang sejatinya digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu sore ini resmi ditunda.

IDWS, Sabtu, 20 November 2021 - Seri ke-13 dari WSBK dijadwalkan digelar pada Sabtu pukul 15.00 WIB di Sirkuit Pertamina Mandalika, akan tetapi hujan deras disertai angin kencang membuat situasi di sirkuit tidak kondusif untuk menggelar balapan, terutama karena jarak pandang yang sangat terbatas.

Maka dari itu, pihak WSBK lewat laman resminya memutuskan mengubah jadwal Race 1 menjadi Minggu (21/11/2021) pukul 11.00 WITA. Sedangkan Race 2 akan digelar pada pukul 15.00 WITA pada hari yang sama.

"Menyusul badai besar yang melanda Sirkuit Pertamina Mandalika pada sore hari di grid WorldSBK untuk Race 1, start ditunda. Kondisi cuaca terus memburuk, memaksa Race 1 dijadwalkan ulang pada pukul 11:00 pada hari Minggu pagi, dengan keselamatan pengendara tetap diutamakan," tulis pihak WSBK.

Dari live streaming di platform sosial media WSBK, tampak hujan deras mulai mengguyur Sirkuit Mandalika kurang lebih mulai pukul 13.45 WIB.

Dalam kondisi hujan, para pebalap mulai dari Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha) hingga sang juara bertahan, Jonathan Rea (Kawasaki), sebenarnya sempat masuk lintasan untuk bersiap.

Namun, race 1 WSBK Mandalika 2021 terpaksa ditunda karena hujan badai menyebabkan jarak pandang pembalap nol.

Balap WSBK Mandalika 2021 menjadi pertarungan terakhir perebutan gelar juara dunia antara Jonathan Rea (Kawasaki) maupun Toprak. Toprak saat ini menduduki posisi puncak klasemen WSBK 2021 dengan koleksi 531 poin. Ia unggul 30 angka dari pesaing terdekatnya, Jonathan Rea.

Rea masih memioliki kesempatan untuk mengkudeta posisi Toprak mengingat dua balapan akan berlangsung di WSBK 2021 seri Indonesia nanti. Terlepas dari itu, FIM dan Dorna Sports beberapa waktu lalu telah melakukan inspeksi terhadap Sirkuit Mandalika,

Tujuannya selain untuk mengecek kesiapan, namun juga meninjau bagaimana keamanan yang dimiliki oleh lintasan ini ketika digunakan untuk balapan.

Gelaran WSBK 2021 menjadi "prototipe" bagi penyelenggaraan event akbar lainnya, yakni MotoGP 2022 di mana Indonesia mendapatkan giliran menggelar race pada 20 Maret mendatang.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo