IDWS.ID

Unik

Wih, Kondom Berusia 120 Tahun Ditemukan di Jepang!

30 Jan 2021

Konsep berhubungan intim dengan aman rupanya sudah ada sejak dulu, salah satu buktinya dengan ditemukannya kondom kuno di Jepang yang diperkirakan berusia 120 tahun.

IDWS, Sabtu, 30 Januari 2021 - Kondom tersebut ditemukan oleh pemilik dari sebuah kominka — rumah tradisional Jepang — yang terletak di kota Shikamachi, prefektur Ishikawa.

Rumah itu dikonversi menjadi penginapan oleh pemiliknya, dan saat renovasi itu lah ia menemukan kondom tersebut di gudang di sebelah rumah.

Menurut laporan chunichi.co.jp, kondom tersebut merupakan kondom model Yamato Kinu, salah satu kondom pertama di Jepang yang dijual secara massal. Pada masanya, kondom Yamato-Kinu cukup populer karena dipercaya menyegah infeksi penyakit kelamin serta sipilis — penyakit-penyakit yang kerap mewabah di Jepang di abad ke-20 dan disebut sebagai baidoku (racun prem).

 

(chunichi.co.jp)

Kondom yang ditemukan di Shikamachi tersebut diperkirakan merupakan satu-satunya kondom jenis Yamato-Kinu yang masih eksis. Usia dari kondom itu diperkirakan mencapai kurang lebih 120 tahun, yang berasal dari sebuah koran tahun 1896 (yang masih bertahan hingga sekarang) di mana terdapat iklan kondom Yamato-Kinu di dalamnya.

Meski Yamato-Kinu jika ditranslasikan memiliki arti "pakaian Jepang" atau "sutra Jepang", kondom jenis ini sebenarnya diproduksi di Prancis dan diimpor ke Jepang oleh Morishita Jintan, sebuah perusahaan manufaktur di Jepang, karena pada saat itu teknologi di Negeri Sakura belum memadai untuk membuat kondom tersebut.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo