IDWS.ID

Travelling

[Video] Viral Penumpang Pria Raba Paha Penumpang Wanita di Kereta Rute Solo Balapan-Gambir

20 Jun 2022

Sebuah video yang menunjukkan aksi penumpang pria meraba-raba paha penumpang wanita yang duduk di sebelahnya di Kereta Api (KA) Argo Lawu rute Solo Balapan-Gambir jadi viral di media sosial.

IDWS, Senin, 20 Juni 2022 - Video itu diunggah oleh akun Twitter @Selasarabu_ yang mengaku sebagai korban pelecehan dalam video tersebut. Nampak seorang penumpang pria mengenakan celana panjang warna krem dan jamper warna abu-abu menggerakkan tangannya secara perlahan ke arah paha korban yang duduk di sebelahnya.

Dari narasi @Selasarabu_, pria yang disebut naik kereta dari Yogyakarta itu masih melakukan aksinya beberapa kali meski telah ditegur. Tak hanya itu, korban juga merekam video di mana pria itu memegang alat genitalnya sendiri yang menurut korban, ia lakukan berkali-kali.

Karena sudah jengah dan takut atas aksi pelecehan pria itu, korban kemudian meminta kepada kondektur kereta Argo Lawu bernama Wisnu Dwi P., lewat WhatsApp untuk pindah tempat duduk, karena posisi gerbong saat itu memang tengah penuh. Untungnya kondektur kereta dapat membantu korban untuk pindah tempat duduk.

Tak hanya itu, korban juga mengklaim mendengar percakapan telepon pria itu dengan temannya di mana korban mendengar bahwa pria itu masih kuliah di sebuah universitas ternama di Indonesia.

"Awalnya kukira enggak sengaja, eh kok semakin lama makin-makin. Setiap aku gerak pasti tangannya dipindah, enggak lama balik lagi," tulis akun @Selasarabu_  seperti dikutip Indowebster pada Senin (20/6/2022).

Saat itu pengen teriak, tapi entah kenapa enggak bisa. Deg-degannya minta ampun. Akhirnya berusaha untuk gerak. Setelah ini ku tegur, eh masih aja dilakuin. Akhirnya aku lapor, minta pindah kursi," tambahnya.

Sayangnya korban terlambat mengirimkan video aksi mesum pria itu. Korban mengirim video bukti kejahatan si pria itu usai pindah tempat duduk. Jika ia mengirimkannya sebelum kondektur datang, maka pria mesum itu bisa langsung diperiksa kondektur bersama petugas Polsuska. Namun karena kondektur tidak punya bukti, maka ia hanya bisa menegur pria itu saja.

 

Tanggapan PT KAI

Terkait video viral tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun buka suara. VP Public Relations Humas KAI Joni Martinus mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir pada Minggu, 19 Juni 2022.

"Menanggapi beredarnya video pelanggan Kereta Api yang melecehkan pelanggan lainnya, KAI mengecam perilaku menyimpang dari pelanggan tersebut," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Menurutnya, setelah mendapatkan laporan dari korban, kondektur yang bertugas langsung bergerak cepat untuk memindahkan tempat korban dengan mencarikan tempat duduk yang kosong lainnya dan memberi teguran kepada pelaku.

Joni memastikan, saat ini KAI sedang berkordinasi dengan pihak-pihak terkait, untuk menentukan langkah hukum yang akan diambil guna mencegah terjadinya kejadian serupa di kemudian hari.

Pihaknya berharap, hal ini tidak terjadi kembali di kemudian hari dan menjadi pembelajaran bersama bagi seluruh pihak untuk terus membangun kesadaran atas pentingnya mengedepankan etika kesantunan dalam menggunakan transportasi publik.

"Kami sangat menyesalkan dan menaruh perhatian sangat serius terhadap kejadian tersebut. KAI berkomitmen untuk selalu memberikan perlindungan kepada para pelanggan untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama dalam perjalanan," tegasnya.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Twitter @Selasarabu_, Kompas.com

Share    

IDWS Promo