IDWS.ID

Event

The 3rd Indonesian Community Network

24 Sep 2015

Perayaan Hari Komunitas Nasional tahun ketiga bertajuk

“Action For Nation!!

 

Indonesia Community Network menorehkan sejarah melalui rekor MURI, dengan menghadirkan ‘Marathon Community Workshop’ yang diikuti oleh ratusan komunitas lintas bidang, untuk bersama-sama melahirkan kontribusi nyata bagi bangsa

 

Jakarta, 25 Agustus 2015 – Untuk memperingati Hari Komunitas Nasional yang jatuh setiap tanggal 28 September, Indonesia Community Network (ICN), berperan sebagai fasilitator untuk aktualisasi, sosialisasi dan kolaborasi lintas komunitas berskala nasional, menghadirkan The 3rd Indonesian Community Network “Action for Nation!”, selama dua hari berturut-turut pada 26-27 September 2015, pukul 10.00-21.00 WIB di Mal Kota Kasablanka. “Ini merupakan peringatan Hari Komunitas Nasional ketiga yang diselenggarakan oleh ICN dan kami mengundang rekan-rekan komunitas, muda-mudi, profesional dan entrepreneur, serta rekan-rekan media tentunya untuk turut berpartisipasi,” ujar Taufan Teguh Akbari, yang merupakan salah satu Inisiator Indonesia Community Network (ICN) dan bertindak sebagai Koordinator Umum dan Ketua Pelaksana Hari Komunitas Nasional 2015.

 

“Gerakan ini pun tidak akan terlaksana tanpa rekan-rekan sesama inisiator ICN sekaligus sahabat saya, Doddy Matondang dan Gerryl Besouw, yang keduanya pun turut menyumbangkan waktu, tenaga dan pikiran demi terselenggaranya acara bersejarah bagi perkembangan komunitas di Indonesia ini,” tambahnya.

 

Sejak tahun pertama penyelenggaraanya ditahun 2013, Hari Komunitas Nasional  berupaya mempersembahkan hasil karya nyata dan tahun ini akan diadakan ‘Community Marathon Speech’ untuk pertama di Indonesia, dengan melibatkan kurang lebih 200-300 komunitas yang akan melakukan presentasi singkat secara bergantian selama 2 hari berturut-turut didalam kotak yang diberi nama “Community Speech Box”. Presentasinya pun akan mengangkat topik aktifitas dan kontribusi masing-masing komunitas bagi Indonesia.

 

“Community Workshop Marathon yang diikuti oleh kurang lebih 200-300 komunitas ini merupakan pertama kalinya diadakan di Indonesia dan kami berharap dapat menorehkan sejarah dengan mendapatkan rekor MURI,” Taufan menjelaskan.

 

Selain itu, beberapa aktifitas menarik lainnya yang akan memeriahkan acara Hari Komunitas Nasional 2015 ini antara lain, beragam talk show yang mengangkat topik seputar edukasi dan sosial, lifestyle, media dan teknologi, youth movement, sejarah, budaya dan industri kreatif. Para pembicara talk show terdiri dari berbagai perwakilan komunitas, praktisi, pemerintahan dan tokoh masyarakat lainnya.

 

“Kegiatan lainnya yang tidak kalah penting adalah adanya community booth festival, community performance, aksi donor darah dan masih banyak lagi,” Doddy Matondang,  Wakil Koordinator Umum Hari Komunitas Nasional 2015 mengatakan.

 

Penyelenggaraan The 3rd Indonesian Community Network ini didukung oleh steering communities dan beberapa rekan profesional yang meliputi OptimisMe, Komunitas Historia Indonesia, Indonesian Youth Diplomacy, Blood For Life Indonesia, Orang Indonesia ID, Komunitas Sukses Mulia, AICT, Komunitas Remaja Batik Indonesia, Young on Top, House of Perempuan (HOPE), Relawan Muda Jakarta (REMAJA), Indonesia Berkibar, Rotaract Semanggi Jakarta, Tangan Di Atas (TDA) , Andalaz dan Bold Communications.

 

“Kami sengaja membuka akses kerjasama seluas-luasnya dengan rekan-rekan komunitas, media, profesional maupun entrepreneur untuk berjuang bersama demi penyelenggaraan acara akbar ini,” Taufan menuturkan. Penyelenggaraan ICN sejak dua tahun lalu, diadakan secara swadaya antar ICN dan lintas komunitas yang menjadi perwakilan bertindak sebagai panitia inti penyelenggaraan ICN setiap tahunnya. “Penyelenggaraan #HKN2015 dilakukan secara gotong royong oleh kawan-kawan perwakilan komunitas yang punya komitmen keren dan luar biasa, tanpa adanya pihak ketiga. Semua tim punya pekerjaan dan kesibukan masing-masing tapi tetap mendedikasikan diri utk perjuangan komunitas bisa berkumpul dan bersilahturahmi nanti. Tidak ada staff khusus, tanpa gaji profesional, semua dilakukan secara profesional dan sukarela. Kita berjuang atas nama komunitas. Tidak ada kepentingan apapun, apalagi kepentingan individu, afiliasi pihak atau kelompok tertentu. Kami 100% netral dan hanya berpihak pada KOMUNITAS, atas nama kolaborasi dan kesadaran bahwa Indonesia saat ini memiliki "Hari Komunitas Nasional" yang diperingati setiap tgl 28 September setiap tahunnya, ujar Taufan.

 

Bagi yang berminat untuk bergabung dan mendukung penyelenggaraan Hari Komunitas Nasional ini dapat mengunjungi situs www.harikomunitas.id atau mengikuti keseruan lainnya melalui Facebook Indonesia Community Network, Twitter @CommunityNetID dan Instagram @harikomunitas.

Share    

IDWS Promo