IDWS.ID

Bola Internasional

Alasan VAR Mengesahkan Gol Kedua Jepang saat Lawan Spanyol yang Bikin Jerman Tersingkir dari Piala Dunia

02 Dec 2022

Pertandingan antara Jepang vs. Spanyol pada dini hari tadi menyisakan kontroversi yang membuat Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2022 dengan menyakitkan.

IDWS, Jumat, 2 Desember 2022 - Spanyol sebagai pemimpin sementara grup E dengan 4 poin, unggul lebih dulu lewat gol sundulan Alvaro Morata di menit 11. Hingga babak pertama usai, Jepang tidak bisa berbuat apa-apa karena Spanyol mendominasi possession seperti biasa. Untungnya Jepang sanggup menahan gempuran Spanyol sehingga skor 0-1 untuk keunggulan La Furia Roja bertahan hingga turun minum.

Namun begitu babak kedua dimulai, Jepang bermain cepat dan menggebrak dengan mencetak dua gol dalam waktu tiga menit saja lewat Ritsu Doan di menit 48 serta gol Ao Tanaka di menit 51. Skor 2-1 untuk keunggulan Samurai Blue bertahan hingga wasit meniup peluit panjang, memastikan Jepang lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E dengan 6 poin. Sedangkan Spanyol lolos sebagai runner-up grup dengan 4 poin. Jerman tetap tidak lolos karena meski memiliki poin yang sama dengan Spanyol usai mengalahkan Kosta Rika 4-2, Jerman kalah selisih gol jauh dari Spanyol yang pada pertandingan perdananya membantai Kosta Rika 7-0.

Gol kedua Jepang yang dicetak Ao Tanaka inilah yang memicu kontroversi karena dari kamera televisi terlihat jelas bahwa bola sebelumnya sudah melewati garis goal kick, sebelum kemudian diumpan silangkan oleh Kaoru Mitoma ke tengah dan dilesakkan ke gawang Spanyol oleh Ao Tanaka.

 

Detik-detik Kaoru Mitoma melepaskan umpan silang yang kemudian berbuah gol kedua Jepang. (kredit: AP)

Gol tersebut membuat VAR melakukan pengecekan yang lama, sekitar lima menit. Pada akhirnya VAR mengesahkan gol tersebut, dan para pemain dan pendukung Jepang bersorak.

<

Andai gol itu tidak disahkan, maka Jepang hanya bisa seri 1-1 melawan Spanyol sehingga poinnya menjadi 4. Dan Jerman lah yang akan lolos karena mereka juga mengantongi 4 poin dan unggul selisih gol dari Jepang. Namun sayang keputusan VAR berkata lain.

Bahkan pelatih Spanyol, Luis Enrique, juga merasa pengesah gol kedua Jepang itu dibuat-buat.

"Saya pernah melihat foto yang pasti telah diedit, tidak mungkin foto itu asli. Itu pasti sudah dimanipulasi. Saya merasa sesuatu terasa aneh ketika VAR membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memutuskan...saya tidak mau berkomentar apa-apa," kata Luis Enrique dalam wawancara usai pertandingan melawan Jepang dini hari tadi.

 

(Tangkapan layar)

Mengapa VAR mengesahkan gol itu ketika bola terlihat jelas sudah melewati garis goal kick?

Di saat kamera televisi memperlihatkan bola telah sepenuhnya melewati garis, namun kamera dari atas memperlihatkan bahwa bola masih menyentuh garis. Alasan inilah yang menjadi justifikasi VAR mengesahkan gol tersebut.

 

(Sportstar)

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo