IDWS.ID

Berita Nasional

Gempa Tapanuli Utara Tewaskan Satu Orang, 25 Luka-Luka, Lebih dari 100 Rumah Rusak

01 Oct 2022

Gempa bumi mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), pada hari Sabtu (1/10/2022), mengakibatkan lebih dari seratus rumah warga rusak.

IDWS, Sabtu, 1 Oktober 2022 - Data sementara yang diperoleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, hingga artikel ini ditulis ada 143 unit rumah warga rusak, 8 unit gedung milik pemerintah rusak, 12 rumah ibadat rusak, dan juga 11 fasilitas umum.

"Dampak akibat gempa kerusakan rumah 143 unit, gedung milik pemerintah 8 unit, rumah ibadah 12 unit, fasilitas kesehatan 1 unit, jalan jembatan dan irigasi 11 unit dan juga kebakaran di Pasar Sarulla 19 unit ruko terdampak," kata Kabid Dalops BPBD Sumut Zulham kepada SuaraSumut.id.

Gempa tersebut juga mengakibatkan korban jiwa satu orang, yang meninggal akibat serangan jantung saat turun dari lantai 2 di rumahnya.

 

Ilustrasi Gempa: Gempa mengguncang Tapanuli Utara, Sumut, Sabtu (1/10/2022). Gempa mengakibatkan satu warga tewas dan sejumlah rumah rusak.(KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERIN)

Sedangkan warga yang mengalami luka-luka ringan mencapai 25 orang.

Selain di Taput, gempa juga dirasakan kencang di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Toba, dan Tapanuli Tengah.

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak juga turun ke lokasi untuk melihat langsung kondisi masyarakat pascagempa.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: SuaraSumut.id.

Share    

IDWS Promo