IDWS.ID

Berita Nasional

Azyumarde Azra, Orang Indonesia Pertama Peraih Gelar 'Sir' dari Kerajaan Inggris, Meninggal Dunia di Usia 67 Tahun

18 Sep 2022

Ketua Dewan pers Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.Phil., M.A., CBE meninggal dunia pada hari Minggu (18/9/2022) ini di Malaysia.

IDWS, Minggu, 18 September 2022 - Cendikiawan Muslim peraih gelar "Sir" dari Kerajaan Inggris tersebut dilaporkan tutup usia karena mengalami serangan jantung di pesawat dalam perjalanan dari Jakarta Menuju Selangor, Malaysia. Beliau meninggal di usia 67 tahun.

Hal itu diungkap oleh Duta Besar RI untuk Malaysia, Hermono.

“(Kena) serangan jantung,” kata Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2022).

Azyumardi melawat ke Malaysia dalam rangka memenuhi undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada periode 1998-2006 tersebut menghabiskan karirnya di sektor pendidikan. Ia juga sempat menjadi wartawan Panjir Masyarakat pada tahun 1979-1985. Azyumardi Azra terakhir menduduki posisi Ketua Dewan Pers sejak 19 Mei 2022 hingga tutup usia.

 

Almarhum Azyumardi Azra. (Foto: politik.rmol.id)

 

Orang Indonesia pertama peraih gelar "Sir" dari Kerajaan Inggris

Salah satu prestasi Azra yang paling cemerlang adalah anugerah gelar kebangsawanan Commander of the Most Excellent Order of the British Empire (CBE) dari Kerajaan Inggris, yang membuat Azra berhak mencantumkan "Sir" dan "CBE" masing-masing di depan dan belakang namanya. Ia adalah orang Indonesia pertama yang memperoleh gelar CBE dari Kerajaan Inggris, tepatnya pada 2010. 

Gelar CBE merupakan gelar tertinggi yang bisa diraih seseorang yang bukan berasal dari Kerajaan Inggris maupun Persemakmuran Inggris. Gelar CBE hanya kalah dari Knight Grand Cross/Dame Grand Cross of the Most Excellent Order of the British Empire (GBE) dan Knight/Dame Commander of the Order of British Empire (KBE/DBE).

Gelar CBE merupakan gelar kehormatan bergengsi dari Kerajaan Inggris yang tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. Hanya mereka yang dianggap telah memberi konstribusi luar biasa di bidang masing-masing yang berhak menerika gelar CBE dan menggunakan "Sir" dalam nama mereka. Beberapa sosok terkenal yang meraih gelar CBE antara lain adalah Sir Alex Ferguson CBE (eks Manajer Manchester United) dan Sir Stephen Hawking CBE (ilmuwan dan fisikiawan dari Inggris).

Tak hanya gelar CBE dari Kerajaan Inggris saja. Azyumardi Azra juga pernah dianugerahi penghargaan The Order of the Rising Sun: Gold and Silver Star dari Jepang pada 2017, di mana Kaisar Akihito (Kaisar Jepang yang berkuasa pada tahun itu) yang langsung memberikan penghargaan bergengsi berikut sertifikatnya kepada Azyumardi Azra di Istana Imperial Tokyo, Jepang. Gelar tersebut adalah penghargaan tertinggi yang diberikan Jepang kepada tokoh dari luar Jepang. Azra memperoleh penghargaan itu berkat konstribusi penting meningkatkan pertukaran akademis dan saling pengertian antara Jepang-RI.

Dua dari segudang penghargaan itu menjadi bukti kontribusi penting Azra bagi Indonesia dan bahkan dunia.

Selamat jalan, Prof!

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo