IDWS.ID

Berita Nasional

Turnamen Golf Piala Gubernur Riau Hadirkan Biduan Joget di Atas Meja, Dikritik Tak Hargai Tradisi Melayu

22 Aug 2022

Sebuah video yang memperlihatkan seorang biduan wanita berpakaian seksi di atas meja saat acara HUT ke-65 Riau, viral di media sosial.

IDWS, Senin, 22 Agustus 2022 - Biduan itu bernyanyi di acara Tournament Golf dalam rangka HUT ke-65 Provinsi Riau di Hotel Labersa Pekanbaru, Minggu (21/8/2022).

Dalam video yang beredar, tampak biduan tersebut menyanyi lagu dangdut dan berjoget di atas meja.

Pakaian yang dikenakan biduan itu pun terkesan seksi dan minimalis. Seorang pria berbaju putih tampak mendekati dan memberikan uang sawer kepada si biduan. Ada juga bapak-bapak yang ikut berjoget.

Di dalam ruangan acara itu, terlihat spanduk bertuliskan "Berempena HUT Riau, Golf Tournamen Gubernur Riau CUP XXX". Terpampang juga foto Gubernur Riau, Syamsuar.

Kegiatan ini juga dibuka langsung oleh Gubernur Syamsuar di Labersa Golf & Country Club. Viralnya video tersebut menuai reaksi dari Fraksi PKS DPRD Riau. Mereka melihat acara itu sudah melenceng dari yang seharusnya.

 

Tangkapan layar video viral wanita seksi menyanyi dan berjoget di atas meja pada acara Tournament Golf di Hotel Labersa Pekanbaru, Senin (22/8/2022). (Tangkapan layar Instagram @viralpekanbaru)

Ketua Fraksi PKS DPRD Riau Markarius Anwar meminta agar Gubernur Syamsuar memberikan sanksi pada panitia penyelenggara turnamen tersebut.

"Fraksi PKS DPRD Riau tentunya sangat mengecam adanya tarian erotis yang terjadi di agenda golf memperebutkan piala Gubernur Riau Syamsuar. Hal itu jelas tidak sesuai dengan budaya di daerah ini yang kental budaya Melayu. Karena itu kami harapkan pada gubernur untuk memberikan sanksi panitia," tegasnya seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Dikatakannya, tarian biduan yang dianggap erotis itu tidak sesuai dengan budaya bangsa. Khususnya, budaya Melayu yang memegang erat nilai-nilai agama Islam. Adanya hal itu, lanjut Markarius, dapat mencoreng nama baik Gubernur Riau.

"Untuk itu, harus ada ketegasan Syamsuar agar segera memberi sanksi ke pihak panitia, supaya kejadian tersebut tidak terulang kembali," jelasnya.

Sementara itu, Husni Tamrin, koordinator acara turnamen golf menegaskan, wanita seksi yang menyanyi di atas meja itu di luar agenda panitia. Menurutnya, itu terjadi setelah acara resmi pengumuman pemenang dan pembagian hadiah lomba golf.

"Acaranya resminya sudah ditutup, sehingga tinggal acara hanya hiburan," kata Tamrin, dikutip dari Tribunnews.com mengutip Kompas.com.

Tamrin menuturkan, aksi wanita tersebut terjadi secara spontan. Atas nama panitia dan Persatuan Golf Indonesia (PGI) Riau, Tamrin meminta maaf.

"Karena kegiatan ini memang dalam rangka HUT Riau, jadi kami minta maaf kepada Bapak Gubernur Riau. Kami juga minta maaf kepada masyarakat Riau," terangnya.

 

Artikel Asli

Share    

IDWS Promo