IDWS.ID

Berita Nasional

Korban Jiwa Erupsi Gunung Semeru Bertambah Menjadi 22 Orang

07 Dec 2021

Korban jiwa akibat erupsi Gunung Semeru kini kembali bertambah.

IDWS, Selasa, 7 Desember 2021 - Setelah sebelumnya dilaporkan adanya 14 korban jiwa dari erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) pekan lalu, kini jumlah korban dilaporkan bertambah menjadi total 22 orang dan korban luka bertambah menjadi 56 orang.

22 korban meninggal dunia tersebar di Kecamatan Pronojiwo sebanyak 14 orang dan di Kecamatan Candipuro sebanyak delapan orang.

Sementara itu, 22 orang lainnya masih dinyatakan hilang menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Berdasarkan data terkini pada Senin (6/12/2021) pukul 20.15 WIB, korban jiwa yang tercatat sementara antara lain luka-luka 56, hilang 22 dan meninggal dunia 22," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Selasa (7/12/2021), seperti dikutip dari Kompas.com.

"Terkait dengan jumlah warga yang dinyatakan hilang, posko masih melakukan pendatan dan validasi. Rincian korban meninggal dunia teridentifikasi 14 orang di Kecamatan Pronojiwo, sedangkan delapan orang di Kecamatan Candipuro," kata Abdul.

 

Erupsi Gunung Semeru (@dinrayaujazla/Twitter)

Data BNPB juga menunjukkan, sebanyak 985 personil gabungan terlinat dalam penanganan tanggap bencana itu. Mereka melakukan penanganan darurat yang fokus pada pencarian dan evakuasi serta pelayanan dasar warga terdampak. Sejumlah peralatan diterjunkan membantu proses pencarian warga yang diduga masih hilang. Seperti menyiagakan tiga unit helikopter dan dua unit hagglund yang dapat menembus medan berat di lokasi terdampak material vulkanik.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo