IDWS.ID

Berita Nasional

Indihome dan Telkomsel Gangguan, Netizen Berkicau. Apa Penyebab Gangguannya?

20 Sep 2021

Indosat dan Telkomsel mengalami gangguan teknis pada hari Minggu (19/9/2021) malam kemarin, dan disinyalir masih terjadi hingga hari Senin ini, membuat para pelanggan berkicauan.

IDWS, Senin, 20 September 2021 - Sontak, Indihome dan Telkomsel pun jadi trending di platform sosial media Twitter di mana banyak netizen Indonesia mengeluhkan gangguan tersebut.

"Welcome to the club," tulis akun @zellts_ seperti dikutip dari CNBC Indonesia, menyindir Indihome dan Telkomsel yang memang terkenal sering mengalami gangguan atau layanan yang kurang memuaskan.

"Udah WiFi-nya Indihome, kartu pakai Telkomsel, sama-sama bermasalah dari kemarin. Ya Allah diketawain sama pengguna Axis, 3, Xl, Indosat ...," tulis akun @Imlimerence.

Ada juga netizen yang malah membuat meme.

 

Penyebab gangguan

Melansir laporan Kompas.com, gangguan terjadi karena adanya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, sumatera, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak pada Sabtu (18/9/2021) sekitar pukul 17.33 WIB. Gangguan tersebut berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

Hal itu diungkap oleh SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza.

“Mohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” ujarnya dihubungi Kompas.com, Minggu (19/9/2021).

Pihaknya menyampaikan, saat ini timnya juga masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan.

“Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, pihaknya tengah melakukan pemulihan terhadap layanan internet yang terdampak.

"Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak," ujar Denny, dihubungi terpisah, Minggu (19/9/2021) seperti dikutip dari Kompas.com.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: CNBC Indonesia, Kompas.com

Share    

IDWS Promo