IDWS.ID

Berita Nasional

Akun IG Microsoft Diserang Netizen Indonesia Setelah Disebut Paling Tidak Sopan dalam Laporan Microsoft

26 Feb 2021

Laporan Digital Civility Index (DCI) 2020 yang baru-baru ini diumumkan Microsoft, membuat berang sebagian netizen Indonesia yang kemudian "menyerang" akun resmi Instagram dari raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu.

IDWS, Jumat, 26 Februari 2021 - Netizen Indonesia ramai-ramai menyerbu kolom komentar akun Instagram resmi Microsoft, hingga membuat admin dari laman tersebut mematikan fitur komentar. 

Menurut laporan CNNIndonesia.com, kolom komentar di Instagram Microsoft dibanjiri hingga lebih dari 2 ribu komentar dari netizen Indonesia yang tak terima dengan hasil survey tersebut.

 

Tangkapan layar dari komentar netizen Indonesia yang menyerbu akun Instagram Microsoft. (Tangkapan layar/Instagram @microsoft)

"Microsoft engga tau kalau Indonesia punya sila ke 3 PERSATUAN INDONESIA. Soal serang menyerang pasti netizen +62 akan bersatu," ujar @Tatisekowati1

"Orang luar negeri gimana cara membuktikan klo netizen Indonesia itu ga sopan? Microsoft liat kolom komentar di akun gw," tulis @q0dri.

"Oyyy netizen indonesia disini nihhh mau bilang apa kau," tantang @gatan_763829.

"Ga suka gelayyy," tulis @azmi0150.

Dari pantauan Indowebster pada hari Jumat (26/2/2021) fitur komentar telah dimatikan di beberapa unggahan terakhir akun tersebut.

 

Tangkapan layar dari komentar netizen Indonesia yang menyerbu akun Instagram Microsoft. (Tangkapan layar/Instagram @microsoft)

Namun meski fitur komentar di unggahan akun Microsoft itu sudah dimatikan, kolom komentar di IG TV masih dibuka sehingga masih ada warganet yang mengomentari di sana menurut laporan Kompas.com. Seperti IG TV terakhir berjudul "Reply All Records presents: Microsoft Holiday Hits" dikomentari warganet hingga 447 komentar.

Keguhan netizen Indonesia akan laporan DCI dari Microsoft itu bahkan jadi trending di Twitter untuk wilayah Indonesia. Hingga artikel ini ditulis, Microsot telah diperbincangkan hingga lebih dari 59 ribu kali di Twitter.

Segelintir netizen Indonesia menyayangkan sikap sesama netizen senegara mereka karena tingkah mereka menyerang kolom komentar akun Instagram Microsoft dengan berbagai komentar negatif seperti langsung membuktikan bahwa survei Microsoft memang benar adanya.

Digital Civility Index atau DCI yang merupakan hasil riset Microsoft, mengukur tingkat kesopanan netizen dari berbagai negara dengan skala 0-100. Semakin tinggi angkanya, maka netizen suatu negara dianggap semakin tidak sopan kelakuanya di dunia maya.

Seperti yang sudah dilaporkan IDWS sebelumnya, skor DCI untuk netizen Indonesia pada tahun 2020 naik menjadi 76 poin dari sebelumnya 68 poin.

Kemunduran tingkat kesopanan utamanya didorong pengguna usia dewasa dengan persentase 68 persen. Sementara usia remaja disebut tidak berkontrubusi dalam mundurnya tingkat kesopanan digital di Indonesia pada 2020.

Untuk Indonesia, terdapat 3 faktor utama yang memengaruhi risiko kesopanan di Indonesia.Yang paling tinggi adalah hoaks dan penipuan yang naik dari 13 poin menjadi 47 persen. Lalu faktor ujaran kebencian yang naik 5 poin menjadi 27 persen, disusul faktor diskriminasi yang turun 2 poin menjadi 13 persen.

 

(stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo