IDWS.ID

Berita Nasional

BI Rilis Pecahan Uang Rp 75.000 Dalam Rangka Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia

17 Aug 2020

Tepat pada HUT ke-75 Republik Indonesia, Bank Indonesia (BI) luncurkan uang rupiah khusus edisi kemerdekaan dengan nominal Rp 75.000, yang memuat beberapa proyek infrastruktur dalam desain uang tersebut.

IDWS, Senin, 17 Agustus 2020 - Uang kertas itu memiliki warna merah dengan paduan warna putih dan hijau. Terpampang jelas wajah dua proklamator RI, Soekarno dan Mohammad Hatta.

Di sekitar dua proklamator ini, terdapat gambar Tol Trans Jawa, Jembatan Youtefa Papua, dan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan bahwa hal ini merupakan tampilan atas berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

"Digambarkan Jembatan Youtefa Papua, MRT, LRT, dan Tol Trans Jawa. Gambar belakang bemakna memperteguh kebinekaan dengan anak anak berpakaian adat mewakili wilayah barat, tengah, dan timur NKRI," ujar Perry dalam konferensi pers Senin (17/8/20).

 

Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia. (CNBC Indonesia/Istimewa)

Selain itu, terdapat pula motif tenun nusantara diwakili di antaranya batik kalung Jawa dan motif songket Sumsel. Ini menurut Perry menggambarkan kebaikan, keanggunan dan kesucian.

"Halaman belakang bermakna menyongsong masa depan gemilang pada era digital, digambarkan dengan satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI," lanjutnya.

Secara terpisah PT MRT Jakarta (Perseroda) buka suara mengenai gambar uang baru ini. MRT Jakarta ditampilkan dalam uang tersebut bersama dengan terowongan bawah tanahnya.

 

Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia. (CNBC Indonesia/Istimewa)

PT MRT Jakarta (Perseroda) mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kementerian Keuangan RI dan Bank Indonesia atas penggunaan Ratangga dan terowongan bawah tanah di dalam uang rupiah khusus edisi kemerdekaan tersebut.

"MRT Jakarta merupakan salah satu simbol pencapaian infrastruktur dalam pembangunan bangsa menyongsong masa depan Indonesia Maju," ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar, Senin (17/8/20).

"Peluncuran uang rupiah khusus edisi kemerdekaan dengan gambar Ratangga dan terowongan bawah tanah MRT Jakarta ini akan semakin mendorong semangat kami memberikan yang terbaik untuk Negeri ini," lanjutnya.

 

Artikel Asli

Share    

IDWS Promo