IDWS.ID

Berita Internasional

Eks PM Jepang Shinzo Abe Ditembak Saat Berpidato, Kini Dalam Kondisi Kritis

08 Jul 2022

Eks Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dilaporkan ditembak di bagian dada saat berpidato di jalan Kota Nara pada Jumat (8/7/2022) hari ini dan kini berada dalam situasi kritis.

IDWS, Jumat, 8 Juni 2022 - Shinzo Abe berada dalam kondisi tidak sadarkan diri ketika dilarikan ke rumah sakit dan mengeluarkan darah dari bagian dadanya. Polisi setempat telah menahan pria yang diduga menembak Abe.

Video akan upaya pembunuhan Shinzo Abe pun beredar luas di internet, terutama media sosial.

Abe tengah berpidato di depan Stasiun Yamato Saidaiji ketika ia ditembak kurang lebih pukul 11.30 pagi waktu setempat. Seorang siswi SMA menuturkan kepada NHK bahwa ia menyaksikan seorang pria menembak Shinzo Abe dari belakang sebanyak dua kali.

"Tembakan pertama terdengar seperti meriam mainan, dan pria itu sempat mundur setelah tembakan pertama. Setelah dia menembak untuk kedua kalinya, muncul banyak asap putih," tutur siswi tersebut kepada NHK, dilansir dari Japan Times.

Shinzo Abe dilarikan ke rumah sakit menggunakan helikopter medis dari RS Universitas Medis Nara di Kota Kashihara, arah Selatan dari Kota Nara.

Terduga pelaku penembakan berhasil diamankan dan sepucuk senapan telah disita. Menurut NHK, penembak itu bernama Tetsuya Yamagami (41) seorang penduduk Kota Nara.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Japan Times

Share    

IDWS Promo