IDWS.ID

Berita Internasional

Demi Obat, Pria China Rela Jadi Samsak Hidup

10 Dec 2014

BEIJING – Seorang pria di China mengumpulkan uang untuk pengobatan anaknya yang menderita leukemia dengan cara yang sangat mengharukan. Pasalnya, pria bernama Xia Jun ini merelakan dirinya menjadi samsak hidup tinju.  Ia menawarkan “layanan” tersebut kepada orang-orang yang lewat di pusat Kota Beijing. Bagi orang yang ingin memukulnya harus membayar 10 yuan atau sekira Rp20 ribu.

Seperti diberitakan Oddity Central, Rabu (10/12/2014), Xia pertama kali terlihat di jalanan Beijing pada 27 November. Ayah satu anak ini mengenakan kaus bertuliskan "karung tinju manusia, 10 yuan per pukulan". Di depannya ada kotak sumbangan ditutupi oleh hasil diagnosis rumah sakit yang menyatakan bahwa anaknya menderita leukemia.

Aksi unik Xia ini menarik perhatian media di China. Kisah mengharukan tersebut sempat menjadi perbincangan di dunia maya maupun di beberapa media lokal. Sebagaimana diketahui, Xia berjuang mencari uang pengobatan anaknya bernama Guo Guo yang berusia dua tahun. Anak malang itu telah didiagnosis menderita leukemia myeloid pada Juli 2014 dan telah dirawat di tiga rumah sakit.

Akhirnya Guo dijadwalkan untuk transplantasi sumsum tulang di Beijing. Namun, prosedur rumah sakit mengharuskan pihak keluarga membayar biaya pengobatan sebesar 700 ribu yuan atau sekira Rp1,4 miliar. Pada awalnya, Xia berencana mengemis di jalanan, tetapi dia mengurungkan niatnya karena takut orang-orang tidak akan memercayainya. Akhirnya, dia memutuskan untuk mengumpulkan uang dengan cara yang ekstrem.

Aksi nekat Xia ini berbuah manis, banyak orang menawarkan diri untuk membantu biaya pengobatan anak laki-lakinya itu. Menurut dokter, Guo masih memiliki kesempatan untuk sembuh dengan menjalani fase-fase penyembuhan, seperti fase kritis, termasuk tiga tahap penolakan obat dalam tubuh, infeksi dan kambuhan.
(hmr).

Share    

IDWS Promo