IDWS.ID

Berita Internasional

Virus Corona Hantui Dunia: Setidaknya Telah Menyebar ke 40 Negara, Italia Iran dan Korsel Jadi yang Terparah di Luar China

27 Feb 2020

IDWS, Kamis, 27 Februari 2020 - Jumlah kasus infeksi virus corona atau Covid-19 di Italia melonjak menjadi 400 hingga Kamis (27/2), meski dunia internasional tengah kalang kabut untuk menangkal virus mematikan asal China itu.

Lonjakan kasus di Italia yang merupakan infeksi terbanyak di Benua Eropa mewakili 40 persen dari penambahan jumlah kasus infeksi Covid-19 di Eropa dalam 24 jam terakhir.

Beberapa negara anggota Eropa lainnya juga melaporkan kasus-kasus infeksi baru yang setelah dirunut lagi, bermula dari Italia.

Selain itu Badan Kesehatan Dunia WHO pada Rabu (26/2) menyatakan bahwa untuk pertama kalinya, Covid-19 menyebar lebih cepat di luar China.

Setidaknya  80 ribu orang di seluruh dunia dari 40 negara telah terinfeksi oleh Covid-19 dengan mayoritas masih berasal dari China. Korban jiwa sendiri telah melebihi angka 2.700 sejauh ini. dilansir dari BBC.com.

 

Sepinya kota seramai Kota Milan, pertanda bencana ekonomi?

Wilayah Italia yang paling terkena dampak dari virus corona baru ini adalah daerah industri di sebelah utara, yakni Lombadia — wilayah di sekitar kota Milan dan Veneto. Hingga berita ini ditulis, korban jiwa di Negeri Pasta itu telah mencapai 12 orang.

 

Sepinya tempat-tempat nongkrong malam di Kota Milan menjadi suatu fenomena tersendiri karena sebelumnya Milan dikenal sebagai kota yang selalu 'hidup' 24 jam. (Foto: EPA)

Sekolah, universitas, dan tempat hiburan seperti bioskop telah tutup dan bahkan beberapa acara publik juga dibatalkan. Sedangkan 11 kota dengan total penduduk 55.000 telah dikarantina.

Muncul ketakutan bahwa wabah penyakit virus corona Wuhan ini akan menimbulkan resesi ekonomi di Italia. Hal itu tampak dari sepinya bisnis di kota seramai dan seterkenal Milan hingga banyaknya pembatalan booking hotel di kota mode dunia itu.

 

Bagaimana dengan negara-negara lain?

Dalam dua hari terakhir, Austria, Kroasia, Yunani, Norwegia, Swiss, Georgia, dan Makedonia Utara melaporkan kasus-kasus virus corona pertama mereka. Banyak dari kasus-kasus itu merupakan orang-orang yang baru-baru ini bepergian ke Italia.

 

Peta penyebaran virus corona Wuhan atau Covid-19 di Eropa hingga 26 Februari 2020. (Sumber: WHO)

Di luar Benua Eropa, Algeria, Brazil, dan Pakistan juga melaporkan kasus infeksi Covid-19 pertama negara-negara itu. Kasus di Brazil menjadi tonggak pertama kedatangan virus dari kota Wuhan di Provinsi Hubei, China, itu di Amerika Latin.

Iran yang menjadi negara paling parah terdampak virus corona telah mengalami 19 kematian dan 139 kasus infeksi, dengan Qom sebagai titik panas dari wabah penyakit itu di Iran. Meski begitu pemerintah Iran bersikukuh tak berencana untuk mengkarantina kota manapun.

Untuk Asia sendiri, Korea Selatan yang menjadi negara dengan jumlah infeksi terbanyak di luar China melaporkan lebih dari 1.200 kasus infeksi dan 12 kematian hingga Rabu (26/2).

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: BBC.com

Share    

IDWS Promo