IDWS.ID

Berita Nasional

Gempa 5,1 M di Selatan Jatim Jumat Pagi Ini, Tidak Berpotensi Tsunami

22 Oct 2021

Gempa tektonik berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang wilayah selatan Jawa Timur pada hari Jumat pagi ini.

IDWS, Jumat, 22 Oktober 2021 - Gempa tersebut terjadi pada pukul 09.21 WIB menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitter resminya @infoBMKG.

Sedangkan titik pusat gempa berada pada jarak 75km arah selatan Kota Kepanjang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan kedalaman 98km.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, dari lokasi episenter serta kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi tadi pagi merupakan gempa bumi menengah yang disebabkan aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia, melansir laporan Kompas.com.

Sedangkan dari hasil pemodelan, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, tambah Daryono.

Daerah yang merasakan Daryono menyebutkan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Blitar dalam skala III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dakalm rumah). Kemudian juga dirasakan di daerah Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, Trenggalek dalam skala II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk melintas).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimpulkan akibat gempa bumi tersebut," kata Daryono.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com, @infoBMKG

Ilustrasi gempa: Pinterest

Share    

IDWS Promo