IDWS.ID

Olahraga

Juara Grand Slam 5 Kali Maria Sharapova Memutuskan Pensiun Dari Tenis

27 Feb 2020

IDWS, Kamis, 27 Februari 2020 - Petenis wanita dunia Maria Sharapova resmi mengumumkan pensium dari olahraga yang telah membesarkan namanya — tenis, pada Rabu (26/2) dalam sebuah esai untuk Vanity Fair.

Atlet berusia 32 tahun itu telah lima kali menjuarai titel Grand Slam di sepanjang karirnya.

Terlahir di Rusia, Sharapova tumbu besar di Florida, Amerika Serikat, tempat yang dikenal sebagai penelur atlet-atlet tenis berbakat dunia.

Nama Sharapova meroket di panggung tenis internasional ketika pada usia 17 tahun ia mengalahkan Serena Williams dalam final Wimbledon 2004. Hanya dalam satu tahun sejak laga final itu, Sharapova menduduki peringkat nomor satu petenis wanita terbaik dunia versi World Tennis Association. Total, ia menduduki peringkat pertama itu selama 21 minggu.

 

Eks petenis wanita nomor 1 dunia Maria Sharapova memutuskan gantung raket. (Foto: Wikimedia Common)

Pada 2006, wanita berambut pirang itu menjuarai trofi besar keduanya dalam Flushing Meadows, lalu menambahkan titel Australia Open pada 2008, lalu dilanjutkan lagi dengan menjuarai French Open pada 2012 dan 2014.

"Salah satu kunci suksesku adalah, aku tidak pernah melihat ke belakang dan aku [juga] tidak pernah melihat ke depan," tulis Sharapova kepada Vanity Fair.

Meski bergelimang kesuksesan, perjalanan karir Sharapova juga tidak mudah. Karirnya sempat  terancam putus ketika ia divonis hukuman larangan bermain tenis secara profesional selama 15 bulan pada 2016 silam karena kasus doping. Ia juga pernah mengalami masalah dengan bahu kanannya yang memaksa Sharapova menjalani beberapa operasi — yang terbaru pada 2019 lalu.

Kini, ia hanya nangkring di nomor 373 petenis wanita dunia menurut World Tennis Association untuk kategori single.

"Tenis menunjukkan dunia kepadaku, serta menunjukkan tujuan dari eksistensiku," kenang Sharapova. Meski memutuskan gantung raket, ia mengaku masih suka tantangan dan ingin mencari "gunung baru untuk didaki."

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: CBS News

Share    

IDWS Promo